UTS Rekayasa Perangkat Lunak 1 - PTA 2020 / 2021
PTA 2020 / 2021 | 4IA05 | Rekayasa Perangkat Lunak 1
UJIAN TENGAH SEMESTER
1. OUTPUT YANG TIDAK BENAR ATAU TIDAK SESUAI KETIKA DIJALANKAN DISEBUT :
Select one:
a. FAILURE
b. HANK
c. FAULT
d. ERROR
2. YANG BUKAN MERUPAKAN BAGIAN DARI TUJUAN SUATU REKAYASA PERANGKAT LUNAK ADALAH :
Select one:
a. KINERJA
b. WAKTU
c. BIAYA
d. USER
3. SUATU GARIS YANG MEREPRESENTASIKAN SUATU CASE YANG TIDAK DAPAT BERDIRI SENDIRI TANPA CASE LAINNYA ADALAH :
Select one:
a. INTEND
b. EXCLUDE
c. EXTEND
d. INCLUDE
4. PENGUJIAN YANG BERTUJUAN UNTUK MENGIDENTIFIKASI DAN MEMPERBAIKI KESALAHAN SEBELUM MODUL-MODUL DIGABUNGKAN ADALAH :
Select one:
a. SYSTEM TESTING
b. USER TESTING
c. INTEGRATION TESTING
d. UNIT TESTING
5. FUNGSIONAL DARI SUATU PERANGKAT LUNAK YANG BERJALAN TIDAK SESUAI DENGAN SEBAGAIMANA SEHARUSNYA DISEBUT :
Select one:
a. FAULT
b. FAILURE
c. HANK
d. ERROR
6. RELASI YANG MELIBATKAN 3 ENTITAS DISEBUT :
Select one:
a. QUADRY RELATIONSHIP
b. UNARY RELATIONSHIP
c. BINARY RELATIONSHIP
d. TERNARY RELATIONSHIP
7. PENGUJIAN YANG DILAKUKAN OLEH QA UNTUK MENGEVALUASI BEHAVIOR DARI SUATU CLASS DISEBUT :
Select one:
a. SYSTEM TESTING
b. USER TESTING
c. INTEGRATION TESTING
d. UNIT TESTING
8. Tahap umum dalam proses pengembangan suatu perangkat lunak setelah perencanaan adalah :
Select one:
a. Uji coba
b. Analisa
c. Desain
d. Implementasi
9. SIMBOL DFD BERIKUT DIGUNAKAN UNTUK :
Select one:
a. DATA STORE
b. EXTERNAL ENTITY
c. PROSES
d. MATERIAL FLOW
10. SUATU
SOFTWARE YANG MEMILIKI RUANG LINGKUP YANG MENCAKUP KAJIAN TEORITIS
TENTANG ALAT BANTU DAN METODE REKAYASA PERANGKAT LUNAK ADALAH :
Select one:
a. SOFTWARE MAINTENANCE
b. SOFWATER ENGINEERING PROCESS
c. SOFWATER ENGINEERING MANAGEMENT
d. SOFWATER ENGINEERING TOOLS AND METHODS
11. gambar dengan nama atribut usia merupakan :
Select one:
a. Atribut multivalue
b. Atribut primary key
c. Atribut derivatif
d. Atribut composite
12. Cara
untuk mengatur kompleksitas sistem dengan menekankan karakteristik yang
penting dan menyembunyikan detail dari implementasi disebut :
Select one:
a. Partisi struktural
b. Abstraksi
c. Dekomposisi
d. Modularitas
13. JENIS OBSERVASI YANG DAPAT DILAKUKAN DALAM LINGKUP ALAMIAH ADALAH :
Select one:
a. OBSERVASI PARTISIPAN
b. OBSERVASI SISTEMATIK
c. OBSERVASI ESKPERIMENTAL
d. OBSERVASI TERSTRUKTUR
14. DERAJAT RELASI YANG MEMPERBOLEHKAN 1 ANGGOTA KELOMPOK A BERHUBUNGAN DENGAN LEBIH DARI 1 ANGGOTA KELOMPOK B ADALAH :
Select one:
a. ONE TO ONE
b. ONE TO MANY
c. MANY TO ONE
d. MANY TO MANY
15. ALPHA TESTING BERADA PADA URUTAN :
Select one:
a. SYSTEM TESTING
b. USER TESTING
c. UNIT TESTING
d. INTEGRATION TESTING
16. Yang bukan merupakan aplikasi yang digunakan untuk mendesain interface adalah ...
Select one:
a. Invision
b. Bolpoint
c. Pencil
d. Balsamiq
17. gambar dengan nama atribut pengarang merupakan :
Select one:
a. Atribut composite
b. Atribut primary key
c. Atribut multivalue
d. Atribut derivatif
18. YANG BUKAN MERUPAKAN KOMPONEN PERANGKAT LUNAK ADALAH :
Select one:
a. HARDWARE
b. SISTEM OPERASI
c. UTILITY
d. BAHASA PEMROGRAMAN
19. Tanda = pada kamus data memiliki arti :
Select one:
a. Terdiri dari
b. Komentar
c. Dan
d. Atau
20. TEKNIK
REQUIREMENT ELICITATION YANG BERTUJUAN UNTUK MEMODELKAN DOMAIN DARI
PERSPEKTIF YANG BERBEDA DALAM RANGKA UNTUK MENGEMBANGKAN DESKRIPSI YANG
LENGKAP DAN KONSISTEN DARI TARGET ADALAH :
Select one:
a. TEKNIK INTROSPEKSI
b. ANALISIS DOMAIN
c. CARD SORTING
d. PENDEKATAN VIEWPOINT
21. perancangan yang menentukan arsitektur perangkat lunak secara keseluruhan adalah :
Select one:
a. perancangan akhir
b. perancangan terurut
c. perancangan awal
d. perancangan rinci
22. Kemudahan
dalam pengaksesan sistem khususnya terkait dengan faktor waktu dan
lokasi pengaksesan, serta perangkat atau teknologi yang digunakan untuk
mengakses adalah kebutuhan non fungsional :
Select one:
a. Portability
b. Reliability
c. Supportability
d. Usability
23. GAMBAR BERIKUT TERMASUK DALAM CONTOH DIAGRAM LEVEL
Select one:
a. 0
b. 2
c. 3
d. 4
24. PENGUJIAN SUATU APLIKASI DENGAN MEMBOMBARDIR MENGGUNAKAN DATA ATAU USER MELEBIHI STANDARNYA DISEBUT :
Select one:
a. PERFORMANCE TESTING
b. USABILITY TESTING
c. REGRESSION TESTING
d. STRESS TESTING
25. YANG BUKAN MERUPAKAN KOMPONEN DARI USER INTERFACE ADALAH :
Select one:
a. KOMPONEN OUTPUT
b. KONTROL NAVIGASI
c. KONTROL INPUT
d. KOMPONEN INFORMASI
26. PERANGKAT LUNAK YANG DAPAT DIGUNAKAN SECARA GRATIS NAMUN MEMILIKI BATASAN WAKTU UNTUK PENGGUNAANNYA ADALAH JENIS SOFTWARE :
Select one:
a. MALWARE
b. FIRMWARE
c. SHAREWARE
d. FREEWARE
27. SALAH SATU METODE PENGUJIAN PERANGKAT LUNAK YANG MENTITIKBERATKAN PADA FUNGSIONALITAS DARI APLIKASI TERSEBUT ADALAH :
Select one:
a. YELLOW BOX
b. GREY BOX
c. BLACK BOX
d. WHITE BOX
28. Sistem
dapat dijalankan oleh beberapa software web browser diantaranya
Internet Explore, Google Chrome dan Mozilla Firefox, merupakan contoh
dari : Select one:
a. Kebutuhan fungsional
b. Kebutuhan unjuk kerja
c. Kebutuhan interface
d. Kebutuhan non fungsional
29. KESALAHAN SECARA GRAMMATICAL PADA KODE YANG DITULIS DISEBUT :
Select one:
a. ERROR
b. FAULT
c. FAILURE
d. HANK
30. Simbol ini berfungsi sebagai kehidupan suatu objek pada diagram :
Select one:
a. Use case diagram
b. Class diagram
c. Sequence diagram
d. Activity diagram
31. RUANG LINGKUP SOFTWARE YANG MENITIK BERATKAN PADA KUALITAS DAN DAUR HIDUP PERANGKAT LUNAK ADALAH :
Select one:
a. SOFTWARE ENGINEERING MANAGEMENT
b. SOFTWARE QUALITY
c. SOFTWARE MAINTENANCE
d. SOFTWARE CONFIGURATION MANAGEMENT
32. PENGUJIAN SUATU APLIKASI UNTUK MENGETAHUI RESPONSE TIME DAN THROUGHPUT DARI APLIKASI TERSEBUT DISEBUT :
Select one:
a. PERFORMANCE TESTING
b. USABILITY TESTING
c. USER TESTING
d. STRESS TESTING
33. PERANGKAT LUNAK YANG BERSIFAT GRATIS DAN BISA MENGGUNAKANNYA TANPA BATASAN WAKTU ADALAH JENIS SOFTWARE :
Select one:
a. MALWARE
b. FIRMWARE
c. FREEWARE
d. SHAREWARE
34. PERMASALAHAN
YANG SERINGKALI DIHADAPI PERIHAL INTERFACE YANG BERHUBUNGAN DENGAN
ASPEK BAHASA YANG DIGUNAKAN SUATU NEGARA UNTUK BERINTERAKSI ANTAR USER
DAN SISTEM ADALAH :
Select one:
a. USER CHARACTERISTICS ISSUES
b. PERFORMANCE ISSUES
c. INTERACTION LANGUAGE ISSUES
d. LOOK AND FEEL ISSUES
35. PADA ERA BERAPAKAH DISTRIBUTED SYSTEM DALAM SUATU PERANGKAT LUNAK DAPAT DIGUNAKAN :
Select one:
a. ERA KEEMPAT
b. ERA KEDUA
c. ERA PERTAMA
d. ERA KETIGA
36. PERMASALAHAN
YANG SERINGKALI DIHADAPI PERIHAL INTERFACE YANG MENGACU PADA ASPEK
DESAIN SEPERTI TIPOGRAFI DAN PERILAKU DARI ELEMEN DINAMIS ADALAH :
Select one:
a. LOOK AND FEEL ISSUES
b. GRAPHICS DESIGN ISSUES
c. INTERACTION LANGUAGE ISSUES
d. PERFORMANCE ISSUES
37. PERMASALAHAN
YANG SERINGKALI DIHADAPI PERIHAL INTERFACE YANG BERHUBUNGAN DENGAN
BAGAIMANA TAMPILAN DARI SUATU APLIKASI YANG MENARIK PERHATIAN USER
DIMANA KETIKA BARU PERTAMA KALI MELIHAT SUDAH LANGSUNG MEYAKINKAN USER
BAHWA APLIKASI TERSEBUT MUDAH DAN NYAMAN UNTUK DIGUNAKAN ADALAH : Select
one:
a. INTERACTION LANGUAGE ISSUES
b. USER CHARACTERISTICS ISSUES
c. PERFORMANCE ISSUES
d. LOOK AND FEEL ISSUES
38. Perintah pada basis data yang digunakan untuk memperbaharui data dari suatu tabel adalah ...
Select one:
a. Update
b. Delete
c. Insert
d. Select
39. Proses mengumpulkan dan memahami requirements dari user disebut :
Select one:
a. Requirement elicitation
b. Requirement elicitation
c. Requirement specification
d. Requirement validation
40. PERANGKAT LUNAK YANG MERUPAKAN SOFTWARE BERUPA MEMORY READ ONLY ADALAH JENIS SOFTWARE :
Select one:
a. FREEWARE
b. SHAREWARE
c. MALWARE
d. FIRMWARE
Disini saya mendapatkan nilai 9.50 dari 10.00 (95%)