UTS Konsep Data Mining - 2020/2021
Ujian Tengah Semester | Konsep Data Mining
1. Tiga aktivitas pengembangan perangkat lunak adalah…
a. Analisis dan pemeliharaan, implementasi dan pengujian
b. Pemeliharaan, pengujian, hipotesis
c. Analisa, pemeliharaan, implementasi dan pengujian
d. Analisa dan perancangan, implementasi dan pengujian.
2. Diagram yang menggambar kan aktivitas system disebut…
a. Activity Diagram
b. Use case
c. Objek model
d. Model system
3. Diantara ini mana yang bukan bagian dari business modelling?
a. Use case
b. Objek model
c. Activity Diagram
d. Model system
4. Cara atau strategi bagaimana perangkat lunak dibuat sedemikian rupa sehingga
produk perangkat lunak tersebut dapat diwujudkan, pengertian dari?
a. Waterfall model
b. Extreme Programming
c. Model hasil pengembangan
d. Model proses pengembangan | Data Preprocessing Quiz
Gambar diatas adalah salah satu dari model proses pengembangan yang disebut
dengan…
a. Spiral Model
b. Waterfall
c. Extreme Programming
d. Prototyping Model
6. Suatu proses pengembangan perangkat lunak berurutan, dimana kemajuan
dipandang sebagai terus mengalir ke bawah (seperti air terjun) melewati fase-fase
perencanaan, pemodelan, implementasi(konstruksi), dan pengujian disebut model
pengembangan…
a. Incremental
b. Waterfall
c. Spiral
d. Agile
7. Web yang diperuntukan untuk masyarakat secara umum dan pengembangan
dilakukan tidak terkait dengan klien adalah jenis produk?
a. Bespoke
b. Generic
c. Waterfall
d. Incremental
8. Ukuran kualitas perangkat lunak yang dapat dipercaya (trustworthy) sehingga
pengguna dapat menggantungkan sepenuhnya proses bisnis mereka pada PL
adalah…
a. Maintainability
b.Eciency
c. Usability
d. Dependability
9. Perangkat lunak harus dapat digunakan (usable) oleh penggunanya dalam
memenuhi kebutuhan adalah pengertian dari...
a. Usability
b.Eciency
c. Dependability
d. Maintability
10. Yang termasuk contoh produk perangkat lunak generic adalah…
a. Bukalapak
b. Youtube
c. a dan b benar
d. a dan b salah
11. Sebuah pendekatan / model yang mencoba menyederhanakan proses
pengembangan agar lebih adaptif dan fleksibel adalah…
a. 4GT (Fourth Generation Techniques)
b.RUP (Rational Unified Process)
c. XP (Extreme Programming)
d.Waterfall
12. Diantara ini mana yang tidak termasuk dalam proses Design Basis Data?
a. Teknik pengumpulan data
b. Analisis system
c. Pemilihan metode basis data
d. Olah data
13. Dalam analisis system apa saja yang di lakukan, kecuali
a. Analisis biaya
b. Analisis Masalah
c. Analisis kelemahan
d. Analisis kelayakan
14. System informasi yang mengambarkan hal-hal penting dari system informasi
yang akan datang adalah…
a. Model Spiral
b. Model Prototyping
c. Model RAD (Rapid Application Development)
d. Model Fourth Generation Techniques (4GT)
15. Tiap pengembang perangkat lunak menentukan beberapa karakteristik perangkat
lunak pada level tinggi adalah
a. Spiral Model
b. RAD (Rapid Application Development) Model
c. Fourth Generation Techniques (4GT)
d. Prototyping Model
16. Merupakan hasil kombinasi elemen-elemen dari model waterfall yang
diaplikasikan secara berulang adalah
a. Model Implementation
b. Model Incremental
c. Model Rapid Application Development (RAD)
d. Model Boehm
17. Elemen dalam use case diagram yang merepresentasikan peran pemakai use case
ketika berinteraksi dengan use case tersebut adalah …
a. User
b. Entity
c. Actor
d. Class
18. Pendekatan, sudut pandang, atau kumpulan aturan yang harus diikuti untuk
menyelesaikan tahap-tahap aktivitas pengembangan perangkat lunak, merupakan
pengertian dari?
a. Metode
b. Aturan
c. Model
d. Salah Semua
19. Actor memprakarsai sistem disebut diagram…
a. Use Case Diagram
b.Activity Diagram
c. H-metode
d. Spiral
20. Bagan dengan simbol-simbol tertentu yang menggambarkan urutan proses secara
mendetail dan hubungan antara suatu proses (instruksi) dengan proses lainnya
dalam suatu program disebut…
a. Uml diagram
b. ERD
c. DFD
d. Flowchart
21. Ada berapa tahapan proses design Sistem Basis Data
a. 5 tahapan
b. 2 tahapan
c. 1 tahapan
d. 7 tahapan
22. Sebutkan 2 faktor teknis dalam pemilhan DMBS…
a. Pengontrolan Data, Operasi
b. Software,hardware
c. Bahasa,Developer
d. Interface, Hardware
23. Kesalahan yang dapat terjadi pada Diagram Arus Data ( DAD ) antara lain Black
Hole. Black Hole adalah…
a. Proses tidak mempunyai input, tetapi mengahasilkan output
b. Proses tidak mempunyai input atau tidak mempunyai output
c. Proses mempunyai input, tetapi tidak menghasilkan output
d. Salah semua
24. Pemilihan DBMS ditentukan oleh sejumlah faktor antara lain…
a. Faktor teknis
b. Faktor ekonomi
c. Faktor organisasi
d. Semua benar
25. Ukuran kemampuan PL untuk di-up grade tanpa mengganggu proses penggunaan
PL yang sedang berlangung adalah salah satu pengertian dari…
a. Configurability
b.Testability
c. Maintainability
d. Flexibility
26. Resources yang dibutuhkan untuk menjalankan program, diukur dari : kecepatan,
waktu tanggap dan optimisasi sesumber adalah pengertian dari…
a. Expandability
b. Efficiency
c. Interoperability
d. Reliability
27. Pada pengujian software secara white box, biasanya dilakukan pada Beta version
dan berfokus pada output. Pernyataan tersebut…
a. Benar, sebab itu contoh pengujian secara structural.
b. Salah, mestinya pada Beta version dan berfokus pada mekanisme internal
system.
c. Benar, sebab itu contoh pengujian secara fungsional.
d. Salah, itu merupakan pengujian secara black box, bukan white box.
28. Kelebihan Model proses penembangan Prototyping Model adalah “kecuali”
a. Sangat cocok sebagai mekanisme mengurangi resiko
b. Membuat sebuah contoh prototipe untuk menunjukkan kebutuhan dan desain ke user
c. Harus ada implementasi sistem yang dikembangkan sebelum dibuat sebuah sistem final
d. Harus ada versi yang dapat dijalankan sebagai prototipe sebelum sistem dikembangkan (beta system atau bisa berupa contoh sistem lain)
29. Kelebihan Model proses penembangan incremental adalah, kecuali…
a. Dapat digunakan untuk sistem yang besar
b. Kebutuhan pengguna / customer dipenuhi pada setiap bagian yang selesai
terlebih dahulu
c. Bagian yang selesai terlebih dahulu menjadi prototipe
d. Resiko rendah
Gambar diatas adalah salah satu dari model proses pengembangan yang disebut
dengan…
a. Waterfall
b. Prototyping Model
c. Spiral Model
d. Extreme Programming
31. Kelebihan Model proses pengembangan waterfall adalah, kecuali…
a. Proses-prosesnya mudah dipahami dan jelas
b. Mudah dalam pengelolaan proyek
c. Dokumen dihasilkan setiap akhir fase
d. Harus ada implementasi sistem yang dikembangkan sebelum dibuat sebuah sistem final
32. Dalam analisis system apa saja yang dilakukan, kecuali
a. Analisis biaya
b. Analisis Masalah
c. Analisis kelemahan
d. Analisis kelayakan
33. Ada berapakah tahap dalam membuat waterfall model ?
a. 5 tahap
b. 1 tahap
c. 8 tahap
d. Salah semua
34. Kesulitan jika terjadi perubahan kebutuhan merupakan salah satu kelemahan pada
model proses pengembangan?
a. Incremental
b. Waterfall
c. Xtreme Programing(XP)
d. Spiral Model
35. Yang tidak termasuk ukuran kualitas perangkat lunak ?
a. Generik
b. Ussability
c. Bespoke
d. Semua Benar
36. Informasi apa yang mengendalikan proses bisnis, kemana informasi itu pergi dan
siapa yang memprosesnya adalah
a. Pembuatan aplikasi (Application generation)
b. Pemodelan data (Data Modelling)
c. Pemodelan proses (Process Modelling)
d. Pemodelan bisnis(Business modelling)
37. Sebagian bagian dari fase business disaring kedalam serangkai objek data yang di
butuhkan untuk menopang bisnis adalah
a. Application generation
b. Proses modeling
c. Data modeling
d. Testing dan turnover
38. Black Box Testing adalah…
a. pengujian yang berfokus pada apakah unit program memenuhi kebutuhan
yang di sebutkan dalam spesifikasi.
b. pengujian interaksi dari modul-modul yang menyusun sistem informasi
untuk menjamin bahwa sistem bekerja dengan baik.
c. pengujian yang berfokus dengan melihat ke dalam modul untuk meneliti
kode-kode program yang ada dan menganalisa apakah ada kesalahan atau
tidak.
d. pengujian yang berfokus pada struktur kendali sebelum semua modul
dituliskan.
39. Firmware adalah…
a. Perangkat Tegar
b. Perangkat lunak
c. Perangkat Keras
d. Perangkat extra
40. Brainware adalah…
a. Perangkat keras
b. Perangkat lunak
c. Operator
d. Perangkat Otak